Minggu, 31 Maret 2013

Nekad ke Ujung Kulon

Kata siapa jalan-jalan itu harus punya duit banyak dan dengan banyak teman. Menurut gue jalan-jalan itu soal kemauan. Lo mau apa engga? Banyak orang males jalan karena gak ada temen. Perkara banget kayaknya yah kalo gak ada temen. Woy sadar woy dunia luas. Lo jalan juga lo bakal dapat temen baru. Itu yang gue terapkan. Gue yakin Bumi ini banyak orang baik. Gue yakin Tuhan Maha Baik yang akan selalu melindungi dan menyayangi gue. 

Sudah sejak lama gue berencana ke Ujung Kulon. Awalnya karena ajakan dosen gue yang super baik hati. Si ibu mengajak gue ke Ujung Kulon bareng bapak dan tim karena kebetulan si bapak kan suka meneliti badak. Nah tunggu menunggu gak ada kabar juga dari ibu dosen dan suaminya itu. Okelah gue masih menanti ajakan itu terwujud. 

Siapa yang menyangka tau-tau suatu waktu gue dikenalin oleh staff di site Ujung Kulon. Perkenalan itu menambah kontak di hp gue juga pastinya menambah saudara. Cuma kenalan dalam singkat waktu. Gak banyak ngobrol karena beliau harus segera pergi. Komunikasi cuma berjalan via teknologi telpon seluler. 

Gue pun mengutarakan kalo gue pengen banget ke Ujung Kulon. Beliau dengan ramah berkata, silahkan ke Ujung Kulon, gampang kok. Ajakan dadakan itu tiba. Beliau mempersilahkan gue ke Ujung Kulon sekalian beliau akan menjelaskan sedikit kepada peserta. Katanya sih beliau akan kedatangan tamu peserta trip entah darimana. Gue mah gak mikirin trip atau apalah. Yang penting gue sampe dulu di Ujung Kulon. 

Bermodal nekad dan uang secukupnya, gue pun langsung capcus ke Ujung Kulon naik bus. Punya mulut ya gue nanya aja, bus ke terminal serang. Sesampainya di terminal barulah gue menghubungi temen gue yang di labuan. nah temen gue itu minta gue menunggunya, nanti dijemput katanya. gue pun menunggu di mesjid sambil mainan gadget.

Setelah ketemu temen gue itu, langsung deh ke labuan. Ambil peralatan foto di kantornya dulu. Buseeeng lengkap banget cuy kameranya. Okelah. Dia pnya banyak kamera, gue disuruh pake salah satu kameranya. Dia pake kamera yang lebih canggih. Gue pun diminta untuk mendokumentasikan kegiatan nanti. 

Dari labuan ke Paniis naik mobil pribadi temen gue tapi pake supir kantor karena perjalanan jauh banget. Sesampainya disana nginep di rumah warga. Sumpah demi apa yah gue gak bayar sepeser pun selama disana. Makan sudah disediakan. Tuhan memang baik yang telah mempertemukan gue dengan orang-orang baik. Gue percaya Tuhan bakal selalu melindungi hambaNya. 

Bermalam di rumah warga, barulah pagi-paginya datang puluhan peserta trip. Weduh kagetlah gue. Yah rame deh. Gue tuh gak suka keramaian sejujurnya karena pasti bakalan riweh. Tapi di sisi lain, gue tuh orangnya rame dan suka berteman. Jadilah gue seneng juga sih ada peserta trip. Ngobrol-ngobrol sampe peserta trip mengira gue juga peserta trip padahal bukan, gue datang sendiri dari Jakarta trus numpang nebeng deh. 

Panitia trip justru menyangka gue asistennya temen baru gue itu. Jujur ya itu temen gue yang baru sekali ketemu cuma beberapa menit itu yang diatas gue ceritain. Konyol yak. Okelah, beruntungnya gue. Gue pun diajak oleh temen gue itu ikut dia bersama peserta trip itu. Gue mendokumentasikan alam dan kegiatannya. 

Ceprat Cepret kita di dalam kapal. Kita menggunakan 2 kapal. Wah memang indah gue akui, masih gak ramai karena lokasinya yang jauh juga jadi agak sulit dan malas menjangkaunya. Cukup lama di dalam kapal ternyata. Yah memang agak jauh untuk menyebrang ke Ujung Kulon. Ini baru pinggirnya Ujung Kulon cuy. Setelah itu kita naik cano menyusuri sungai cigenter. 
putrinidya/ menyusuri sungai cigenter dengan cano
putrinidya/ p.handeleum, ujung kulon
putrinidya/ ujung kulon
Gak lupa berfoto di papan yang menyatakan TN Ujung Kulon biar gak dibilang hoax. Hahay. Oiya disana kita ke Pulau Handeleum. Beberapa peserta trip nyebur snorkling dan melakukan transplantasi terumbu karang. Nah temen gue itu yang menjelaskan bagaimana caranya melakukan transplantasi terumbu karang. Gue pun tak lupa mendokumentasikannya karena memang tugas gue jeprat jepret. 

Oiya gue mau ceritain dikit nih tentang temen gue itu. Beliau lebih tua daripada gue. Laki-laki bertubuh agak gemuk tapi sekel. Dulu kuliah di jurusan biologi. Ilmu marine nya top markotop secara pengalamannya dan buanyak banget. Beliau pun hobi banget diving. jago banget dah. Nah dia juga ngajar diving di senayang tiap weekend. Mantap yak. 

Sejak perjalanan ini gue nambah temen baru. Setelah obral obrol dengan peserta trip, eh ada nih 2 orang panitia nya penasaran dengan gue yang selalu awtis sendirian megang kamera. Panitia trip tersebut pun heran kok gue sendirian aja. Salah satu pun iseng nanya ke gue,"kok sendirian aja?". Yah gue jawab aja, "iya memang sendiri. saya kan bukan peserta trip. Saya berangkat sendiri dari Jakarta". Mereka mengira gue asistennya temen gue itu. "Lo asistennya X?". Engga, gue cuma bantu aja. hahaaa padahal gue sama si X (yang biasa gue sebut beliau di kalimat2 diatas) itu juga baru kenal. 

Akhirnya kita ngobrol bertiga. Gue dan kedua panitia trip tersebut. Setelah ngobrol panjang lebar, gue kenal temen mereka karena temen mereka adalah senior gue. Sejak saat itulah makin klop aja nih obral obrolnya. Yah berawal dari awtis nekad sendirian ke Ujung Kulon eh berakhir dapet temen baru. 

Kita bertiga pun semakin dekat. Ngobrol ngobrol sampe temen baru gue itu yang telah membawa gue kesana eh gue cuekin. hahaaa.... Lagipula si X nya sibuk cuy buka laptop mulu. Selanjutnya kita makin deket karena ke Gn Honje (yang masih di wilayah Ujung Kulon) bareng peserta trip. Si X gak mau ke air terjun, beliau udah sering juga beliau malas capek. Syalalalalaaa......

Perjalanan cukup jauh dan melelahkan. Melewati sungai di dalam hutan. Hutan yang bisa dibilang masih bagus. Gak ada sampah, gak seperti hutan-hutan yang sudah banyak dilalui pendaki. Peserta trip sudah kelelahan tapi untungnya terbayarkan dengan Air terjun yang besar, sangat menyegarkan. Airnya yang jernih dan aman untuk berenang. Jebuuuurrr.....

Tidak terlalu dalam sehingga aman. Gue pun dijogrokin masuk basah-basahan padahal gue gak ada baju lagi. Tapi yasudahlah gue terima. Gue seneng bersama kalian teman baru. Peserta tripnya pun asik-asik dan masih muda. Foto foti pun tak lupa. Dingin menyusuk kulit. Karena berhubung kita harus segera pulang, akhirnya main air di curugnya disudahi dengan hati senang. 

Mari pulang ke homestay dan bergegas siap-siap pulang ke Jakarta. Lucu yang lucu masa pulangnya gue diajak bareng panitia dan peserta trip. Loh gimana bisa, gue berangkat sama si X ya pulang juga bareng beliau karena beliau juga kebetulan mau balik ke Jakarta. Rumahya X di Jakarta. Akhirnya gue pulang bertiga sama Mba S dan Mas X. 

Pertemanan dengan kedua panitia trip tersebut alhamdulillah gak terputus malahan gue dimasukin ke grup WA mereka. Komunitas yang hobi jalan-jalan. Nekad berbuah pertemanan. 

Tidak ada komentar: